DELTA INNOVA BLOG

Blog ini berisi mengenai cerita, sejarah dan motivasi yang kami peroleh maupun dapati selama mendirikan, menjalankan dan mengembangkan Perusahaan yang bernama DELTA INNOVA. Sebuah catatan Kecil yang Insya Allah dapat memberi sedikit Pencerahan kepada para sahabat, teman maupun saudara. Saya (Dimas baiquni) sebagai penulis, hanya ingin memberikan secuil pengalaman pribadi yang dikemas dalam bentuk cerita ataupun analogi analogi. Begitupun Lebih jauh lagi kami akan tampilkan beberapa tulisan mengenai aktivitas maupun sedikit teknis dalam berusaha maupun berbisnis. Ingat Bukan Besar atau kecilnya bisnis ataupun usaha yang kita jalankan, tetapi lebih kepada Kepuasan batin Si Pelaku Bisnis atau usaha tersebut.. Salam Hebat. Dimas baiquni

Rabu, 06 Januari 2010

Kemaslah Bisnis Anda Dengan Sistem (part 2 : Pendekatan Market)


Seperti saya utarakan pada tulisan saya sebelumnya.. bahwa membuat atau mengemas sistem perusahaan atau bisnis yang kita jalankan salah satunya adalah dengan menggunakan metode pendekatan Market atau pasar. Pendekatan market atau pasar adalah pendekatan yang dipakai dengan membaca trend (kecenderungan) dari Customer Behaviour (perilaku konsumen). Hal ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana sistem yang kita buat yang berujung pada produk atau jasa yang kita tawarkan dapat diterima oleh pasar, Karena sebaik apapun sistem yang anda buat menjadi tidak berarti apabila produk atau jasa yang ditawarkan tidak dapat diserap oleh pasar. Sodaraku perhatikanlah keadaan sekarang dimana para perilaku bisnis sudah sangat banyak, bagaimana persaingan antara perusahaan sudah mengesampingkan etika, atau faktor eksternal seperti FTA ( FREE TRADE AGREEMENT) yang di tahun 2010 sudah mulai dilaksanakan antara negara ASEAN dengan CHINA. Strategi apa yang harus diterapkan, Bagaimana mengimplementasikan sistem yang kita buat, Semuanya berujung pangkal pada keberterimaan pasar (Market Acceptance), maka menjadi tidak heran SIstem Bisnis yang akan kita buat mengacu kepada Customer Behaviour. Pada Tahun 80 an, dimana pelaku bisnis sebagai produsen masih sangat sedikit, maka tidak jarang sistem monopoli berlaku karena hanya ada 2 C ( Company --> Customer) Maka Dipertengahan tahun 80 an sampai dengan awal tahun 90 an sudah bukan 2 C lagi, tapi menjadi 3 C ( Company, Customer dan Competitor), di keadaan 3 C ini, customer mulai bebas memilih perusahaan mana yang menjadi rekanan atau supplier, maka sistem monopoli sudah mulai berkurang. Kemudian di era sekarang, dimana Life Style sudah berubah, faktor eksternal berubah maka keadaan menjadi 4 C ( Customer, Company, Competitor dan Change Driver). Change Driver adalah suatu keadaan dimana Life Style, Regulasi dan lain sebagainya mempengaruhi pola pikir konsumen. Sebagai contoh bagaiman konsumen fanatik akan sebuah Brand atau produk yang mereka anggap baik. Dari Keadaan tersebut, maka sistem yang akan kita buat hendaknya memperhatikan keadaan yang telah saya sebutkan diatas, karena jika tidak, maka bersiaplah menjadi Dinosaurus.. Yha Dinosaurus punah bukan karena mereka lemah dan kecil, tapi karena mereka tidak mampu beradaptasi dengan Perubahan lingkungan.. Salam Hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar